Hobi Saya = ORGANISASI

Jika ada pertanyaan, hal apakah yang paling saya senangi? Maka jawabannya adalah saya sangat senang berorganisasi dan bergabung dengan segala jenis kegiatan ekstrakurikuler. Pertama sekali saya bergabung dengan organisasi adalah ketika saya berusia 4 tahun, saat itu saya masuk ke dalam sebuah organisasi yang sampai saat ini masih terus saya jalani dan telah terpatri di dalam hati saya seumur hidup. Organisasi tersebut adalah PRAMUKA.
Saya melakukan aktivitas ini di kota kelahiran saya, Kota Medan. Kegiatan pramuka ini di Pramuka Pertamina UPMS-1 Medan Gudep 09.103-09.104. Organisasi ini telah menjadi rumah kedua saya, yang mengajarkan saya ilmu-ilmu yang tidak akan saya dapatkan di bangku pendidikan formal. Sama halnya dengan keluarga, pramuka memberikan saya kehangatan, kasih sayang, dan tempat untuk berbagi keluh kesah. Melalui pramuka saya belajar untuk berkontribusi terhadap masyarakat, saya belajar kepemimpinan dan musyawarah, bahkan hal-hal teknis kepramukaan pun bisa saya manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari saya. Saya sudah bergabung dengan organisasi ini kurang lebih 14 tahun dan akan menjadi aktivitas saya seumur hidup.

Saya bergabung sebagai volunteer dan duta remaja penolakan pernikahan dini di Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA). Non Government Organisation ini bergerak di bidang perlindungan dan advokasi terhadap anak-anak yang tereksploitasi haknya. Di NGO ini saya berkonsentrasi pada bagian pengentasan eksploitasi seksual komersial anak, di mana di dalamnya membahas pelacuran anak, perdagangan anak, pernikahan anak, pornografi anak, dan pariwisata seks anak. Menurut saya ini juga merupakan hobi karena dalam menjalani setiap kegiatannya saya merasa nyaman dan senang.

Sejak saya duduk di bangku SMA, saya memperoleh tempat untuk menyalurkan hobi saya yang senang "bercasciscus" yaitu dengan bergabung di klub debat sekolah saya. Tapi hal yang menarik adalah berdebat di sini bukanlah sekedar debat kusir yang bisa kita saksikan di mana saja. Saya belajar untuk berbicara dengan waktu yang pas dan disertai alasan serta pembuktian di setiap argumen yang dikeluarkan. Hobi saya ini melatih saya untuk berpikir secara kritis, skeptis, dan cepat.

Saya tidak pernah menari sebelumnya, bahkan jujur saja tidak pernah merencanakan untuk menari. Namun kini saya sadar, saat kita berpikir kalau kita bisa, maka kita akan bisa. sejak duduk di bangku kuliah saya mulai menekuni pembelajaran terhadap tarian tradisional. Poto di atas adalah saat saya dan teman-teman mengikuti perlombaan tari saman di DKI Jakarta.

Ini adalah cara saya mengekspresikan hobi saya, yaitu dengan selalu mencari wadah-wadah di mana saya bisa menyalurkannya dengan baik. Saat saya mampu menyaurkan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk saya mengambil manfaat dari hobi saya tersebut.
Saran : Jika kita punya kesukaan, maka carilah cara untuk menyalurkannya. Kemudian setelah menemukan cobalah untuk mengeksplorasi dan lakukan dengan sungguh-sungguh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Hobi Saya = ORGANISASI"

Posting Komentar